UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SEGIEMPAT KELAS VII DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA

ANA ANDRIANIK - NIM.03430366, (2008) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SEGIEMPAT KELAS VII DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SEGIEMPAT KELAS VII DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SEGIEMPAT KELAS VII DI SMP PIRI 1 YOGYAKARTA)
BAB II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas VIIE SMP PIRI I Yogyakarta tahun pelajaran 2006/2007 sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis amp; Taggart yang meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan dan refleksi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, angket, tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan setelah datadata yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Penelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Menggunakan dunia nyata yang berada di sekitar kelas dengan pertanyaan open-ended supaya siswa menjawab berdasarkan konteksnya, menggunakan alat peraga membuat siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran, menggunakan keterkaitan apa yang dipelajari siswa dengan materi-materi lain membuat konsep lebih bermakna bagi siswa dan kelompok yang terdiri dari dua orang menjadikan siswa lebih fokus bekerjasama sebagai interaktivitas antar siswa. 2) Prestasi belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan pendekatan realistik 76% siswa berada diatas nilai rata-rata kelas sebesar 8.56; 3) Aktifitas siswa selama proses pembelajaran meningkat 58.75% pada siklus I menjadi 71.25% pada siklus II; 4) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan realistik ini antara lain: memerlukan kesiapan pihak yang terkait dalam pembelajaran terutama guru dan memerlukan alat peraga. Namun, secara umum pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Rosnawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: motivasi, minat, pendekatan realistik
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 13:37
Last Modified: 14 Dec 2016 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item