PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X SEMESTER GENAP

RIZAL FAOJI, NIM. 08670072 (2012) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X SEMESTER GENAP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X SEMESTER GENAP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar kimia untuk siswa difabel netra. Tujuannya adalah untuk (1) mengembangkan produk modul kimia berhuruf Braille dengan pendekatan kontekstual, (2) mengetahui kualitas modul yang telah dikembangkan tersebut berdasarkan penilaian guru pengajar siswa difabel netra SMA/MA, dan (3) mengetahui respon siswa difabel netra kelas X SMA/MA terhadap modul kimia berhuruf Braille. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang bersifat deskriptif dan diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Prosedur dalam penelitian ini dikemas dalam 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Produk awal modul kimia berhuruf Braille ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer . Subyek penilai kualitas modul kimia berhuruf Braille ini meliputi 2 orang guru kimia SMA/MA inklusi, 1 orang Guru Pendamping Khusus (GPK) SMA/MA inklusi, 1 orang guru ahli Braille SMALB. Selain itu, modul ini juga direspon oleh 10 orang responden siswa difabel netra SMA/MA inklusi di Yogyakarta. Instrumen penilaian modul kimia berhuruf Braille berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian kualitas yang dilakukan meliputi 9 aspek penilaian, yaitu aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman dan keluasan konsep, bahasa dan kejelasan kalimat, penampilan fisik, keterlaksanaan, evaluasi belajar, tata letak, dan tipografi. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas modul kimia berhuruf Braille. Modul yang telah dikembangkan dengan karakteristik proses dan produk ini mendapatkan kualitas Baik (B) menurut penilaian guru pengajar siswa difabel netra SMA/MA. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 132,25 dari skor rata-rata maksimal 160 dan persentase keidealan 82,65%. Selain itu, modul ini mendapat respon positif dari siswa difabel netra dengan persentase 95% dan skor rata-rata 11,4 dari skor rata-rata maksimal 12. Berdasarkan hal tersebut, maka modul ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri penunjang pelajaran kimia bagi siswa difabel netra. Kata Kunci: Modul kimia berhuruf Braille, pendekatan kontekstual, minyak bumi, siswa difabel netra, kimia SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jun 2013 17:47
Last Modified: 19 Feb 2016 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum