UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3

DWI LINNA WIJAYANTI - NIM 03430345, (2008) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia yang dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 semester I Tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 11 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test (yaitu pre-test dan post-test pada setiap siklus), observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas test menunjukkan 7 butir soal untuk siklus I dan 6 butir soal untuk siklus II, semuanya valid. Sehingga jumlah butir yang terpakai untuk selanjutnya diujikan adalah sama. Hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas test masing-masing siklus tinggi, yaitu sebesar 0.8896 untuk siklus I dan 0.8922 untuk siklus II. Penelitian tindakan kelas telah terlaksana dalam dua siklus yang terbagi ke dalam 7 pertemuan, tiga pertemuan untuk siklus I dan empat pertemuan untuk siklus II. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia yang dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika adalah pembelajaran yang dimulai dengan memberikan permasalahan realistik atau juga masalah yang dapat dibayangkan oleh siswa. Guru memberikan contoh soal dan mengajak siswa untuk bersama-sama menyelesaikannya. Untuk soal selanjutnya siswa dibebaskan untuk mengerjakan sesuai dengan strategi atau cara mereka sendiri. Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangku atau berkelompok dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Terakhir, guru meminta siswa untuk memperlihatkan hasil penghitungannya baik secara lisan atau tertulis. 2) Meningkatnya kemandirian belajar matematika dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung untuk berbuat atas inisiatif sendiri dan berpendapat. Dalam menyelesaikan masalah, mereka memanfaatkan pengalaman sendiri. Mereka juga mampu untuk menentukan sendiri apa yang harus dilakukannya tanpa mengharap bimbingan dan pengaruh orang lain. 3) Meningkatnya prestasi belajar matematika dapat dilihat dari hasil post-test pada setiap siklus. Sedangkan keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari nilai effect size dari setiap siklus. 4) Respon siswa baik, ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang terlihat senang dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan siswa. 5) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain: memerlukan banyak persiapan dan membutuhkan tenaga (pikiran) yang tidak sedikit. Namun, secara umum pelaksanaan pembelajaran matematika dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Rosnawati, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Prestasi belajar, dan PMRI.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:51
Last Modified: 14 Dec 2016 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item