UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman)

ERI KURNIAWAN - NIM. 03430349, (2008) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman semester I Tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 34 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test (yaitu pre-test dan post-test pada setiap siklus), observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Hasil validitas test menunjukkan 6 butir soal untuk siklus I dan siklus II, semuanya valid. Sehingga jumlah butir yang terpakai untuk selanjutnya diujikan adalah sama. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa adalah: a) Guru memberikan permasalahan mengenai pokok BRSL. b) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. c) Guru membagikan LKS dan alat peraga BRSL kepada tiap kelompok. Alat peraga berupa model yaitu berbentuk tabung untuk menentukan volum tabung. Alat peraga kerucut dan tabung yang tinggi dan diameternya sama untuk menentukan volum kerucut serta pada pertemuan selanjutnya alat peraga berupa setengah bola dan kerucut yang ukuran tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola dan ukuran diameter alas kerucut sama dengan diameter bola untuk menentukan volum bola. d) Siswa melakukan diskusi kelompok dengan bermain menggunakan alat peraga dimana alat peraga ini berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada LKS. e) Siswa menempelkan hasil diskusinya di depan dan mempresentasikan hasil diskusinya tersebut. 2) Penghitungan secara statistik menyatakan bahwa nilai effect size siklus I dan siklus II adalah 8,88 dan 13,74, yang diuji dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil nilai thit ttab yaitu -3,235 2,034 atau sig amp;#61537; yaitu 0.848 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus II lebih baik dari siklus I.; 3) Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan siswa, dimana dengan siswa menggunakan alat peraga secara sendiri, menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami meningkatan sebesar 31,33%, yaitu dari 59,67% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II; 4) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga menunjukkan bahwa 97,06% siswa tertarik terhadap pembelajaran ini, 95,1% siswa menyatakan lebih mudah memahami konsep yang diberikan, 94,12 % siswa memberikan perhatian yang positif terhadap pembelajaran ini, dan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung juga mengarah ke hal-hal positif, yaitu dari tanggapan siswa sebesar 91,18%. Siswa juga sangat antusias dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan sisw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Rosnawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, Media Pembelajaran dan Prestasi belajar
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 18:32
Last Modified: 14 Dec 2016 03:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item