PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

HADLIROH DURIAH MASROHATI - NIM: 03440389, (2008) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh perbedaan pada prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode kerja kelompok, 2) keaktifan belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe TGT, 3) tanggapan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilakukan di SMA Kolombo Yogyakarta Kelas X Semester I Tahun Ajaran 2007/2008 pada Materi Pokok Rumus Kimia, Tata nama Senyawa, dan Persamaan Reaksi Kimia Sederhana. Populasi pada penelitian ini berjumlah 91 siswa dan terbagi dalam tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas XC sebagai kelas eksperimen (A1) dan 30 siswa kelas XB sebagai kelas kontrol (A2). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu diambil secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pre-test untuk mengetahui konsep awal siswa, pemberian post-test untuk mengetahui hasil penguasaan konsep akhir siswa, lembar pengamatan keaktifan belajar, dan angket tanggapan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan yang positif dan sangat signifikan pada prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe TGT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode kerja kelompok, dibuktikan dengan nilai to yang diperoleh pada kelas eksperimen (A1) dengan pretest = 0,394 pada p = 0,697 dan post-test = 7,958 pada p = 0,000. Hasil keaktifan belajar kimia siswa menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang aktif dari pada yang pasif serta adanya tanggapan positif dari siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nurrohmah, Liana Aisyah, S.Si, M.A
Uncontrolled Keywords: metode kooperatif tipe TGT, metode kerja kelompok, prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 May 2012 03:14
Last Modified: 18 Feb 2016 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item