IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XII IPA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA TAHUN AJARAN 2012/2013

YULIATININGSIH, NIM. 08670007 (2013) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XII IPA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XII IPA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA KELAS XII IPA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mengidentifikasi miskonsepsi kimia di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas XII IPA materi pokok kesetimbangan kimia tahun ajaran 2012/2013. ( 2) mengetahui berapa persentase jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi kimia di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas XII IPA materi pokok kesetimbangan kimia tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara, dan analisis dokumen pada subjek yang sama yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal IPMK, alat perekam, pedoman wawancara, alat tulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi terletak pada materi perbedaan kesetimbangan pada skala mikroskopis dan makroskopis sebesar 19,44%; pengertian kesetimbangan dinamis sebesar 4,17%; pengertian homogen dalam reaksi kesetimbangan homogen sebesar 22,22%; reaksi kesetimbangan homogen sebesar 20,83%; pengertian tetapan kesetimbangan sebesar 20,83%; hubungan antara harga Kc dengan konsentrasi reaktan dan produk sebesar 8,33%; penentuan harga Kc dari reaksi kesetimbangan heterogen sebesar 13,89 %; arah pergeseran kesetimbangan akibat perubahan konsentrasi salah satu zat sebesar 38,8%; arah pergeseran kesetimbangan akibat perubahan tekanan sebesar 27,78%; dan peranan katalis dalam reaksi kesetimbangan sebesar 62,50%. Persentase miskonsepsi tertinggi terletak pada peranan katalis dalam reaksi kesetimbangan sebesar 62,50% Kata Kunci: miskonsepsi, kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2013 16:52
Last Modified: 22 Feb 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum