EFEKTIVITAS PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006-2007

ROFIK , - (2008) EFEKTIVITAS PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006-2007. Aplikasia Vol IX, No 2 Desember 2008.

[img]
Preview
Text
ROFIK EFEKTIVITAS PRAKTEK.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Untuk dapat menghadapi tantangan pembangunan dan globalisasi, peran dunia pendidikan senantiasa harus dinamis dan tanggap dalam menghadapi dan mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi pada Bangsa Indonesia belakangan ini. Upaya-upaya ini tentunya harus juga mulai dilakukan di tingkat Sekolah dan pada tingkat Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di segala bidang. Berdasarkan pada kebijakan nasional dalam bidang kependidikan, yakni pemerataan kesempatan belajar, peningkatan relevansi pendidikan sesuai dengan tuntutan pembangunan, peningkatan mutu pendidikan, serta efisiensi efektivitas pendidikan maka guru secara professional menempati titik sentral. Upaya mewujudkan pendidik yang memiliki kompetensi yangingin dicapai, maka didesainlah kurikulum yang struktur isinya mencakup berbagai satuan mata kuliah. Dalam kurikulum Fakultas Tarbiyah diketemukan berbagai mata kuliah yang mengarahkan mahasiswa memiliki keahlian mengajar yang dalam bahasa kurikulum UIN Sunan Kalijaga sebagaimana termaktub dalam Kompetensi Program Studi disebut sebagai Elemen Kompetensi Kemampuan Berkarya. Elemen kompetensi ini mencakup dataran teorik dan praksis. Dalam dataran teoritik mewujud dalam sejumlah mata kuliah seperti desain instruksional, telaah materi pelajaran pada jenjang dasar sampai menengah, pengembangan kurikulum, metode, strategi, dan pengembangan sistem evaluasi. Sementara dalam wilayah Praksis mewujud dalam mata kuliah Pembelajaran Mikro (Micro Teaching) dan PPL (Program / Praktek Pengenalan Lapangan). Pembelajaran Mikro dilakukan di lingkungan fakultas dengan pembimbing dosen baik tetap maupun dosen tidak tetap dan disebut dengan PPL I. Sedang Praktek Pengenalan Lapangan dilakukan di sekolah sebagai benruk real teaching dan pengenalan manajemen sekolah dan disebut dengan PPL II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kerja lapangan, uin sunan kalijaga
Subjects: Aplikasia Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Jun 2013 15:36
Last Modified: 19 Jun 2013 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item