FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Kasus pada Anggota Tamzis Baituttamwil Cabang KH. Dahlan di Pasar Serangan Yogyakarta)

SEPTIANA TRI KUSMIARTI, NIM. 09390163 (2013) FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Kasus pada Anggota Tamzis Baituttamwil Cabang KH. Dahlan di Pasar Serangan Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Kasus pada Anggota Tamzis Baituttamwil Cabang KH. Dahlan di Pasar Serangan Yogyakarta) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Kasus pada Anggota Tamzis Baituttamwil Cabang KH. Dahlan di Pasar Serangan Yogyakarta) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Salah satu hal yang strategis dalam rangka memperbaiki kualitas ekonomi masyarakat mikro, adalah hadirnya BMT sebagai suatu lembaga keuangan mikro syariah yang mandiri dan mengakar kepada masyarakat. Seorang anggota BMT akan memilih produk yang dapat membantu kebutuhan ekonomi mereka. Dalam rangka memberdayakan para pedagang kecil dan menengah agar peranannya dalam segala kegiatan ekonomi dapat meningkat, TAMZIS memberikan strategi pemasaran agar pedagang di Pasar Serangan mau menggunakan TAMZIS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis secara lengkap faktor-faktor yang menjadi penentu keputusan pedagang Pasar Serangan dalam penggunaan lembaga keuangan mikro syariah yang disini adalah TAMZIS, dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terbesar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian data primer (data diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan anggota TAMZIS), sedangkan apabila dilihat dari kedalaman analisisnya jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode kuisioner dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas-Reliabilitas, Asumsi Klasik, Uji F, Uji Koefisisen Determinasi, Analisis Regresi Berganda dan Uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Marketing Mix, Lingkungan Sosial Budaya dan Psikologis berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pedagang Pasar Serangan menggunakan TAMZIS. Hasil koefisien determinasi menunjukan 85,4% variabel keputusan konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Marketing Mix (X ), Lingkungan Sosial Budaya (X 2 ) dan Psikologis (X ). Sisanya, yaitu 14,6% merupakan pengaruh dari variabel bebas lainnya yang tidak dijelaskan oleh model penelitian. 3 Kata Kunci: Keputusan Pedagang, Marketing Mix, Lingkungan Sosial Budaya, Psikologis, Lembaga Keuangan Mikro Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2013 17:40
Last Modified: 26 Sep 2016 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum