PEMANFAATAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH (Memahami Hukum Islam Tentang Kepemilikan) SISWA KELAS X MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

ARIP FEBRIANTO, NIM. 09410166 (2013) PEMANFAATAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH (Memahami Hukum Islam Tentang Kepemilikan) SISWA KELAS X MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH (Memahami Hukum Islam Tentang Kepemilikan) SISWA KELAS X MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQH (Memahami Hukum Islam Tentang Kepemilikan) SISWA KELAS X MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya media dalam rangka proses pembelajaran karena pada hakikatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Proses komunikasi atau penyampaian pesan harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan tukar menukar pesan atau informasi oleh guru dan siswa. Pesan atau informasi dapat berupa keahlian, ketrampilan, pengetahuan, ide, pengalaman, dan sebagainya dapat dituangkan dan ditampilkan atau disampaikan kepada siswa dengan Lectora Inspire. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media Lectora inspire dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didasarkan pada pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta kelas X. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan dua tindakan yaitu pra tindakan yang dilakukan hanya sebatas pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Pada proses pelaksanaan tindakan, peneliti menggunakan dua siklus. Proses pencapaian hasil hasil belajar dilakukan dengan melakukan tes atau ulangan harian pada akhir pembelajaran. Adapun dalam penelitian ini teknik pemerikasaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan melihat nilai rata-rata pada tes siklus I didapat nilai rata-rata kelas 72,57. Sedangkan pada tes siklus II didapat nilai rata-rata kelas 88,28 sehingga terdapat peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 15,71. Dari hasil nilai yang telah dicapai oleh siswa dapat diketahui tingkat kenaikan prestasi belajar siswa dengan melihat adanya jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dari siklus I kesiklus II yaitu dalam proses pelaksanaan tes pada siklus I siswa sebanyak 20 orang mencapai nilai KKM sehingga bisa dihitung persentasenya 57,14. Sedangkan pada siklus II semua siswa sudah mencapai KKM secara keseluruhan yakni sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2013 17:40
Last Modified: 28 Jul 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum