PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL

DEWI KHOIRIATUL MUSLIHAH, NIM. 09420117 (2013) PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Dewi Khoiriatul Muslihah (NIM. 09420117). Pengaruh Ekstra Baca Tulis Al- Qur'an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VII MTs N Semanu Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Program Strata I Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Ekstra Baca Tulis Al-Qur'an (X) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab ( Y ) siswa kelas VII MTs N Semanu Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mennjukkan bahwa: (1) , Ekstra baca tulis Al-Qur’an berada pada kategori sedang yaitu pada kelas interval 74 – 80 dengan skor 85,29 %. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi positif ( Sangat tinggi, Tinggi, dan sedang ) dan negatif ( Rendah dan sangat rendah dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstra baca tulis Al-Qur’an di MTsN Semanu Gunungkidul termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII yang dilaksanakan di MTsN Semanu Gunungkidul berada pada kategori sedang yaitu pada kelas interval 74 - 80 dengan skor 88,294 %. Ekstra tersebut termasuk dalam kategori positif. (3) Diketahui dari perhitungan statistik terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstra baca tulis Al-Qur'an (X) terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Gunungkidul tahun ajaran 2012-2014. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan linier sederhana melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh t hitung sebesar 2,848 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 34, yaitu 2,04. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 2,848> 2,04 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara ekstra baca tulis Al-Qur'an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2013 21:35
Last Modified: 19 Apr 2017 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum