PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

ADIB UBAIDILLAH - NIM.02471236, (2008) PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1163Kb)
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312Kb)

Abstract

ABSTRAK Adib Ubaidillah, Pengembangan Kompetensi Sosial Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam usahanya mengembangkan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman Yogyakarta, serta hasil yang dicapai dalam peningkatan kompetensi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi sosial guru di Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman menggunakan dua teknik, yaitu teknik individu dan teknik kelompok. (2) Teknik individu, kunjungan kelas dan pertenmuan individu adalah untuk meningkatkan kompetensi personal dan kompetensi profesional. (3) Teknik kelompok: rapat guru, pertemuan orientasi guru baru serta mengikutsertakan penataran dan seminar adalah untuk meningkatkan kompetensi sosial kemasyarakatan dan kompetensi profesional. (4) Dengan peningkatan kompetensi personal, kompetensi sosial kemasyarakatan serta kompetensi rofesional, khususnya guru pendidikan agama Islam menjadikan guru pendidikan agama islam lebih bersemangat dan lebih memahami tugas serta kewajibannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 May 2012 10:50
Last Modified: 09 Jul 2012 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item