PERAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU DARUL HADLONAH PURWOKERTO DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH

LFITA NUR HIDAYAH LISTIANI - NIM. 04410758-03, (2008) PERAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU DARUL HADLONAH PURWOKERTO DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU DARUL HADLONAH PURWOKERTO DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU DARUL HADLONAH PURWOKERTO DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ALFITA NUR HIDAYAH LISTIANI. Peran Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlonah Purwokerto dalam Upaya Pembinaan Akhlak Anak Asuh. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlonah Purwokerto dalam Upaya Pembinaan Akhlak Anak Asuh yang terkait dengan peran panti asuhan, upaya-upayanya, faktor pendukung dan faktor penghambat serta cara penyelesaiannya dan hasil yang dicapai dalam pembinaan akhlak anak asuh Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlonah Purwokerto. Informen kunci dalam penelitian ini adalah ketua pengurus panti asuhan. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tiga tahap yaitu, deskriptif (menelaah), reduksi data, dan penafsiran data. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi, yaitu pemeriksaan sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlonah Purwokerto sangat penting dalam mengupayakan pembinaan akhlak anak asuh baik dalam hal pendidikan, perlindungan anak, dan juga membantu mencetak warga negara yang berkepribadian baik dan berakhlak mulia, taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berperilaku pancasila. Upaya-upayanya adalah dalam bentuk: 1) Pembinaan keagamaan, 2) Pembinaan kesenian dan keterampilan, 3) Kegiatan ke luar panti asuhan. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya tempat, ustadzah, dan anak asuh dalam pembinaan akhlak anak asuh, dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesempurnaan antar kerjasama yayasan dan panti asuhan, adapun cara mengatasinya adalah memaksimalkan keadaan dan fasilitas yang ada sebagai pendukung jalannya proses pembinaan khususnya dalam membina akhlak anak asuh. Hasil yang dicapai dalam upaya pembinaan akhlak anak asuh dilihat dari segi: Akhlak kepada Allah, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap diri pribadi, dan akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing :Prof. Drs. H. M. Suyatno Prodjodikoro, Nur Munajat, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Panti asuhan, Pembinaan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 12:32
Last Modified: 01 Aug 2017 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item