PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I “FUN WITH CHEMISTRY” MATERI POKOK KLASIFIKASI ZAT BERDASARKAN STANDAR ISI 2006

SHINTA NURDEWI SEKARINI, NIM. 08670068 (2012) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I “FUN WITH CHEMISTRY” MATERI POKOK KLASIFIKASI ZAT BERDASARKAN STANDAR ISI 2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I “FUN WITH CHEMISTRY” MATERI POKOK KLASIFIKASI ZAT BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I “FUN WITH CHEMISTRY” MATERI POKOK KLASIFIKASI ZAT BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan buku panduan outbound IPA SMP/MTs kelas VII semester I yang berjudul “Fun with Chemistry” dengan materi pokok klasifikasi zat berdasarkan standar isi 2006 yang memiliki karakteristik isi yang unggul. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui kelayakan buku Fun with Chemistry yang yang telah dibuat dalam mengelola proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan (wawancara) dan analisis kurikulum 2006. Tahap perancangan meliputi pengumpulan materi dan perancangan buku. Tahap pengembangan, meliputi pembuatan buku, pengonsultasian buku kepada 2 pembimbing, 5 ahli (media, materi, instrumen, outbound, dan bahasa), serta 4 orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer (4 pendidik mata pelajaran IPA SMP/MTs dan 1 pendidik Kimia SMA/MA). Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) berisi 11 aspek untuk melihat kualitas produk. Produk akhir buku Fun with Chemistry memiliki karakteristik unggulan memuat strategi pembelajaran yang mengedepankan proses perolehan pemahaman peserta didik melalui pengalaman langsung yang melibatkan ketiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, buku Fun with Chemistry menurut 5 pendidik di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 86,84%. Berdasarkan penilaian tersebut, buku Fun with Chemistry layak digunakan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran. Kata Kunci : Buku panduan pendidik, outbound, klasifikasi zat, IPA SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2013 17:16
Last Modified: 19 Feb 2016 16:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum