UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

ALMAWADI, NIM: 02471019 (2008) UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DP.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK AL MAWADI. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, mutu menjadi sebuah perbincangan yang hangat tidak hanya dibidang ekonomi saja, tapi juga disebuah lembaga di bidang pendidikan. Dalam pendidikan, mutu menjadi tolok ukur bagi para pelanggan dan pemakai pendidikan yaitu orang tua, intansi baik swasta maupun pemerintah yang akan menggunakan jasa-jasa dari hasil didikan dari sebuah pendidikan. Pendidikan dikatakan bermutu jika ada kerja sama dan keseimbangan antara input, proses dan output, kemudian pendidikan disebut bermutu dari segi proses jika proses belajar-mengajar berlangsung secara efektif, dan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang bermakna, ditunjang oleh sumber daya (manusia, dana, sarana, prasarana) yang wajar dan memadai. Mutu pendidikan merupakan hasil kerja keras sehingga mutu mempersyaratkan komitmen pada keunggulan, dedikasi kepada kepemimpinan dan semua warga sekolah untuk mengubah paradigma-paradigma lama yang membelenggu kreatifitas berfikir untuk maju. Sehubungan dengan hal tersebut peningkatan mutu dalam sebuah pendidikan sudah menjadi suatu keharusan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi tentunya lembaga pendidikan harus siap setiap saat dalam mengadapi persaingan dan kemajuan era teknolgi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya yang dilaksanakan MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta dalam usaha peningkatan mutu pendidikanya. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Adalah pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun yang diamati adalah bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain pengumpulan dokumentasi, observasi, wawancara yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskreptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepala sekolah sebagai pucuk kepemimpinan pendidikan, mengajak bekerja sama terhadap semua pihak baik orang tua siswa, warga sekolah, masyarakat, stakeholder dan intansi swasta maupun pemerintah. (2) dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah tersebut maka guru diberikan tugas untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam belajar mengajar, (3) sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, madrasah membangun diri bagi semua warga sekolah untuk disiplin, harmonis dan saling memotivasi antara satu dengan yang lain, (4) adanya usaha-usaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung kegiatan belajar yang efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Muhammad Anis, M.A
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 12:23
Last Modified: 17 Mar 2017 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item