EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN SIKANCO NUSAWUNGU CILACAP

KHAIRUNNISA, NIM. 09480010 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN SIKANCO NUSAWUNGU CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN SIKANCO NUSAWUNGU CILACAP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN SIKANCO NUSAWUNGU CILACAP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Khairunnisa, “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Media Permainan Kartu Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MIN Sikanco Nusawungu Cilacap”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dilengkapi dengan media permainann kartu terhadap hasil belajar matematika siswa. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan bilangan romawi dan bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain Posttest-only control design dimana subjek penelitiannya adalah siswa MIN Sikanco Nusawungu kelas IV tahun ajaran 2012/2013. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan soal posttest dan analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk analisis nilai prapenelitian dan uji Mann-Whitney untuk hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata nilai posttest kelas eksperimen 76,09 dan kelas kontrol 74,78. Uji MaanWhitney menunjukkan bahwa hasil posttest memiliki nilai P-value (1-tailed) = 0,342>0,05, yang itu artinya tidak dapat ditolak. Artinya penggunaan metode pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan media permainan tidak lebih efektif daripada penggunaan metode pembelajaran konvensional. Penelitian juga membuktikan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen tidak jauh berbeda dengan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament (TGT) dilengkapi dengan media permainan kartu matematika tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional terhadap hasil belajar matematika di MIN Sikanco Nusawungu tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif TGT, media permainan kartu, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 17:34
Last Modified: 14 Feb 2017 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum