PENGARUH PENGUASAAN AL-ISTIMA‘ TERHADAP PRESTASI AL-IMLA’ SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

BAK LAA ROYBA, NIM. 09420035 (2013) PENGARUH PENGUASAAN AL-ISTIMA‘ TERHADAP PRESTASI AL-IMLA’ SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUASAAN AL-ISTIMA‘ TERHADAP PRESTASI AL-IMLA’ SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUASAAN AL-ISTIMA‘ TERHADAP PRESTASI AL-IMLA’ SISWA KELAS XI MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Bak Laa Royba. Pengaruh Penguasaan Al-Istima‘ Terhadap Prestasi Al- Imla’ Siswa Kelas XI MAN Gandekan Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan alistima‘ dan prestasi al-imla’ siswa; untuk mengetahui perbandingan hasil penguasaan al-istima‘ dengan hasil prestasi al-imla’ siswa; dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan al-istima‘ terhadap prestasi al-imla’ siswa kelas XI Agama MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2012/2013. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi pengelola pendidikan atau guru pada umumnya, sekaligus sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di MAN Gandekan Bantul dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datanya bersifat kuantitatifkorelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan persyaratan uji normalitas data dan analisis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan al-istima‘ terhadap prestasi al-imla’ siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata siswa pada variabel Penguasaan Al-Istima‘ adalah 61,74 sedangkan besarnya nilai ratarata siswa pada variabel Prestasi Al-Imla’ adalah 72,52. Hal ini berarti bahwa nilai rata-rata Prestasi Al-Imla’ lebih besar dari pada nilai rata-rata Penguasaan AlIstima‘. Dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefisien korelasi Penguasaan Al-Istima‘ dengan Prestasi Al-Imla’ adalah 0,734, dan signifikansinya 0,000 yang kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi yang signifikan antara Penguasaan Al-Istima‘ dengan Prestasi Al-Imla’ siswa kelas XI Agama MAN Gandekan Bantul. Sedangkan dari hasil analisis Regresi dapat diketahui besarnya koefisien determinasi yaitu 0,538. Hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh Penguasaan Al-Istima‘ terhadap perubahan Prestasi Al-Imla’ adalah 53,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 17:54
Last Modified: 03 May 2017 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum