PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 BREBES

TRIA RATNASARI, NIM. 09410230 (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 BREBES )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 BREBES )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TRIA RATNASARI. Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Metode Diskusi dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Brebes. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa keberhasilan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) tergantung pada guru, sarana prasarana, metode pembelajaran, materi, dan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru merupakan profesi yang memerlukan keahlian khusus. Dan siswa merupakan individu yang beragam tingkat intelektualitas, minat, dan bakatnya. Tidak jarang terjadi perbedaan persepsi antara keduanya. Persepsi inilah yang menuntut seorang guru untuk selalu mempunyai kreatifitas dalam merancang pembelajaran. Selama ini persepsi yang ada, pembelajaran PAI dengan menggunakan metode diskusi terkesan membosankan. Hal tersebut pastilah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Maka sudah menjadi tugas seorang guru untuk mengubah persepsi tersebut menjadi persepsi yang positif, seperti yang terjadi di SMP Negeri 07 Brebes yang menerapkan metode diksusi dalam pembelajaran PAI. Akan tetapi belum berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAI pada motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Brebes, dan besarnya sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel persepsi siswa terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAI pada variabel motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Brebes. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 07 Brebes dengan mengambil sampel sebanyak 135 orang yang diambil dari siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan mengacu pada tabel kesalahan 5% yang dikembangkan dari Isaac dan Michael. Variabel independen yang ada dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAI (X). Sedangkan variabel dependennya adalah motivasi belajar (Y). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelejaran PAI dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Brebes. Hal ini ditunjukkan oleh tabel ANOVA dengan phi coefficient sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kedua, besarnya sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel persepsi siswa terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAI pada variabel motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Brebes adalah sebesar 30%. Hal ini ditunjukkan oleh tabel output Model Summary yang menjelaskan bahwa nilai R Square sbesar 0,297 dibulatkan menjadi 0,30. Kemudian 0,30 dikalikan 100%, diperoleh hasil 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 17:57
Last Modified: 24 Aug 2018 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum