PENGGUNAAN MUSIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BLAWONG II BANTUL

Asrodin - NIM. 03430347, (2008) PENGGUNAAN MUSIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BLAWONG II BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MUSIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BLAWONG II BANTUL )
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MUSIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BLAWONG II BANTUL )
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Blawong II Bantul belum memuaskan. Hal ini tercermin dari rendahnya keaktifan dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya aktivitas belajar siswa ini dikarenakan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini bertolak belakang dengan keinginan sebagian besar siswa yang lebih senang dengan pembelajaran yang membuat siswa aktif. Di sisi lain, faktor lingkungan tempat siswa belajar juga kurang mendukung. Siswa merasa terganggu dengan suara dari luar kelas. Upaya mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournaments (TGT) dengan diiringi musik klasik, yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah Blawong II Bantul. Penelitian ini bertujuan mengupayakan tercapainya pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournaments (TGT) diiringi musik klasik dengan baik serta mengupayakan peningkatan aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa. Penyampaian materi dalam pembelajaran ini diusahakan sekonkret mungkin, misalnya dengan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pada masa usia SD ini, anak masih berada pada tahap operasional konkret. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT diiringi musik ini telah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika telah meningkat bila dibandingkan siklus I, meskipun pada masing-masing siklus aktivitas belajar siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Aktivitas belajar siswa pada siklus II ini lebih tinggi dibandingkan siklus I. Sedangkan berdasarkan hasil analisis lembar observasi motivasi belajar siswa, motivasi belajar pada siklus II juga telah meningkat dibandingkan siklus I. Motivasi belajar pada siklus I berada dalam kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci : TGT, musik, aktivitas, motivasi (c) 2008 E-Doc Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: TGT, musik, aktivitas, motivasi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 13:45
Last Modified: 14 Dec 2016 03:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item