IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

FAJAR SULTHONI AZIZ NIM 03460498 , (2008) IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA)
BAB I, BAB VI, DP.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA)
BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Belajar dari kekurangan serta kelemahan Perguruan Tinggi Islam maupun Perguruan Tinggi Umum yang selama ini terjadi, dimana di satu pihak lebih terfokus dalam ilmu-ilmu keislaman (Islamic Studies) dengan pendekatan yang cenderung eksklusif. Serta ilmu-ilmu lain yang tidak gayut dan padu di pihak lain, merupakan salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan. Integrasi-interkoneksi yang diangkat oleh M Amin Abdullah merupakan sebuah upaya dalam pembaharuan pemahaman yang selama ini ada di kalangan para tokoh serta cendekiawan muslim yang sering tanpa sadar membuat sebuah legalitas dari Al-Qur'an atas fenomena yang ada. Ismail Raji Al Faruqi salah satu tokoh yang mencetuskan hal tersebut di atas yang kita kenal dengan islamisasi pengetahuan. Namun integrasi-interkoneksi yang diusung oleh M. Amin Abdullah adalah sebuah proses pemahaman keilmuan dari teks ke konteks, yang mencakup Hadlarah Al-Nash, Hadlarah Al-Ilm, dan Hadlarah Al-Falsafah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan landasan pemikiran paradigma integrasi-interkoneksi dalam pemikiran M. Amin Abdullah serta bagaimana paradigma integrasi-interkoneksi dapat digunakan dalam pembelajaran fisika, dengan mengunakan metode deskriptif analitik, nantinya akan mampu menemukan inti dari paradigma integrasi-interkoneksi yang pada akhirnya dapat menemukan suatu terobosan baru proses dalam pembelajaran fisika. Hasil dari penelitian ini memberikan suatu strategi baru dalam proses pembelajaran fisika, yaitu dengan strategi pembelajaran individu, kelompok, dan strategi pembelajaran penyampaian-penemuan yang berparadigma integrasiinterkoneksi. Metode pembelajaran pendukung strategi pembelajaran tersebut adalah dengan metode ceramah integrasi-interkoneksi (cermin), Power of Two (POT), Experience and Experiment Program (EEP), Study Group of Integrated-Interconected (SYGI), dan metode Anomalous. Dari beberapa metode tersebut, konsep-konsep fisika yang ada akan lebih dipahami dan lebih bermakna, dan dapat memberikan wawasan yang luas, karena digali dari teks (Al-Qur'an) dan Al-Hadits, serta mengintegrasikan dan mengkoneksikan dengan kajian keilmuan yang lain sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.dan pada giliranya mengantarkan kita menjadi umat yang terbaik (the choosen people),profesional, etis dan sekaligus humanis. Kata kunci: paradigma integrasi-interkoneksi, strategi pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tashim, M.Si., dan Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Paradigma integrasi-interkoneksi, strategi pembelajaran fisika.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 16:48
Last Modified: 14 Dec 2016 02:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item