PENYELESAIAN NUMERIS MASALAH NILAI BATAS PADA PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE DUA BERBASIS KOMPUTASI

M. KAMARI NIM 03430368, (2008) PENYELESAIAN NUMERIS MASALAH NILAI BATAS PADA PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE DUA BERBASIS KOMPUTASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN NUMERIS MASALAH NILAI BATAS PADA PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE DUA BERBASIS KOMPUTASI (Studi Komparatif antara Metode Beda Hingga dan Metode Tembakan))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN NUMERIS MASALAH NILAI BATAS PADA PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA ORDE DUA BERBASIS KOMPUTASI (Studi Komparatif antara Metode Beda Hingga dan Metode Tembakan))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam perkembangannya, persamaan diferensial mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan (alam). Banyak permasalahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknik yang dapat diformulasikan ke dalam bentuk persamaan diferensial dalam mencari pemecahannya. Tetapi untuk menyelesaikan persamaan diferensial yang rumit dan besar terkadang sulit diselesaikan secara analitis. Oleh karena itu penggunaan metode numeris dalam hal ini sangat tepat. Penelitian ini bermaksud memberikan penyelesaian masalah nilai batas (MNB) pada persamaan diferensial orde dua secara numeris dengan menggunakan metode Beda hingga (Finite Difference Method) dan metode Tembakan (Shooting Method). Dalam menyelesaikan MNB dengan kedua metode tersebut dilengkapi dengan program aplikasi menggunakan MATLAB R2006a sehingga mempercepat dalam penyelesaiannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai keakuratan metode tembakan dalam penyelesaian numeris MNB lebih baik daripada metode beda hingga karena mempunyai nilai error lebih kecil terhadap nilai sebenarnya (eksak). Ditinjau dari efisiensi waktu, metode beda hingga lebih efisien daripada metode tembakan karena waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan MNB secara numeris lebih sedikit daripada metode tembakan. Demikian juga penyelesaian berbasis komputasi MATLAB lebih efisien daripada penyelesaian secara manual. Ditinjau dari jumlah iterasi, semakin banyak iterasi yang digunakan maka nilai penyelesaian dengan metode beda hingga dan metode tembakan akan semakin mendekati nilai sebenarnya (eksak) atau dengan kata lain nilai error akan semakin kecil. Kata kunci: MNB, metode beda hingga, metode tembakan, metode analitis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom., dan Sugiyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: MNB, metode beda hingga, metode tembakan, metode analitis.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:11
Last Modified: 14 Dec 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item