STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA MODEL DAN GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Kasus Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta)

NUR IMTIHANI, NIM 03450444, (2008) STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA MODEL DAN GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Kasus Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA MODEL DAN GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Kasus Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA MODEL DAN GAMBAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Kasus Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara media model dan media gambar terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan seberapa efektifkah media model dibandingkan dengan media gambar dilihat dari hasil pretes dan postes kedua kelompok serta seberapa besar minat siswa terhadap media yang digunakan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretes postes dan termasuk dalam Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random (acak), kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretes dan postes, lembar angket minat siswa belajar Biologi dan lembar angket tanggapan siswa terhadap media model dan media gambar dalam pembelajaran Biologi. Analisis data untuk minat siswa belajar Biologi dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan media model dan gambar dalam pembelajaran Biologi menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk soal tes(pretes dan postes) menggunakan uji t antar kelompok. Sebelum di lakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil analisis minat siswa belajar Biologi menunjukkan 88% tergolong kurang untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol 88, 46%. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap media yang digunakan adalah 60% untuk kelas eksperimen (tergolong baik) dan 76,92% untuk kelas kontrol (tergolong cukup). Hasil analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis untuk nilai pretes tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Hasil analisis untuk nilai postes menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dan nilai postes kelas kontrol. Hasil analisis tersebut memberikan simpulan bahwa ada perbedaan pengaruh yang ditimbulkan oleh media model maupun media gambar, namun media model lebih efektif digunakan dibandingkan dengan media gambar dilihat dari pengaruhnya terhadap minat dan prestasi belajar Biologi. i Kata Kunci: Media, Model, Gambar, Minat, dan Hasil Belajar. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Ir. Ciptono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Media, Model, Gambar, Minat, dan Hasil Belajar.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:32
Last Modified: 13 Dec 2016 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item