EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ARTHROPODA DAN ECHINODERMATA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA TUNANETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO

NUR HASANAH, NIM 02451223, (2008) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ARTHROPODA DAN ECHINODERMATA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA TUNANETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ARTHROPODA DAN ECHINODERMATA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA TUNANETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ARTHROPODA DAN ECHINODERMATA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA TUNANETRA KELAS X MAN MAGUWOHARJO)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

Pembentukan sebuak konsep yang berbeda antara siswa tunanetra dan siswa awas menyebabkan cara dan waktu belajar siswa tunanetra berbeda dengan siswa awas. Pembelajaran yang hanya memberikan informasi secara verbal dan visual saja akan menyamarkan konsep yang seharusnya terbentuk. Menurut model pembelajaran konstruktivisme, konsep yang telah tebentuk tanpa adanya pembaharuan dan pembenaran akan menyimpangkan informasi yang sudah samar. Pembelajaran dengan menggunakan media tiga dimensi berupa media asli dan media model memberikan alternatif dalam permasalahan tersebut. Media asli membantu siswa tunanetera ketika dihadapkan pada lingkungan nyata dan media model sebagai penjelas terhadap media asli karena media ini mampu dimanipulasi sesuai kebutuhan belajar siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakkukan melalui metode observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dan persentase untuk mengetahui persentase dan peningkatan pemahaman konsep Arthropoda dan Echinodermata pada siswa tunanetra setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media tiga dimensi. Hasil penelitian yang didapatkan, antara lain: 1) pemahaman konsep Arthropoda dan Echinodermata yang dicapai oleh siswa tunanetra termasuk kategori cukup, yaitu 42% pada Arthropoda dan 53% pada Echinodermata; 2) penggunaan media tiga dimensi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa tunanetra, yaitu sebesar 63% pada Arthropoda dan 66% pada Echinodermata. i Kata kunci : Konsep, Media, Dimensi, Tunanetra. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Subagya, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep, Media, Dimensi, Tunanetra.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 17:22
Last Modified: 13 Dec 2016 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item