PENGARUH NOVEL KIMIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

ZULFAH, NIM. 09670040 (2013) PENGARUH NOVEL KIMIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NOVEL KIMIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NOVEL KIMIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh novel kimia dalam kegiatan pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan novel kimia dalam kegiatan pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik di kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar soal pretest dan postest serta lembar skala motivasi belajar peserta didik terhadap penggunaan novel kimia. Analisis data untuk motivasi belajar peserta didik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan scoring rata-rata. Sedangkan analisis data untuk soal pemahaman konsep dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta dilanjutkan dengan menggunakan uji one way anova untuk dua sampel yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil dari analisis data penelitian ini yaitu pada motivasi belajar peserta didik rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 72,79 dan 69,43. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. Rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik menurut Sukardjo yaitu berada diantara 67,998 dan 83,994 untuk kategori baik. Pada aspek pemahaman konsep, untuk data posttest berdistribusi normal dengan nilai sig kelas eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 0,08 dan 0,35. Pada uji homogenitas data homogen dengan nilai sig 0,322. Rata-rata nilai posttest masingmasing kelas adalah 70,44 dan 65,33. Selanjutnya menggunakan uji one way anova yang menunjukkan nilai F hitung > F yaitu 4,787 > 3,995. Hal ini berarti sumber belajar novel kimia pada materi pokok hidrokarbon memberi pengaruh yaitu pengaruh positif pada kegiatan pembelajaran kimia. Kata kunci: novel kimia, motivasi belajar, pemahaman konse

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2013 18:01
Last Modified: 22 Feb 2016 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum