PENGARUH CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR GULA REDUKSI PADA SALE PISANG (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Kimia di SMA/MA Kelas XII Semester 2 Materi Pokok Makromolekul)

ROHMANINGSIH, NIM 03440399, (2008) PENGARUH CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR GULA REDUKSI PADA SALE PISANG (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Kimia di SMA/MA Kelas XII Semester 2 Materi Pokok Makromolekul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR GULA REDUKSI PADA SALE PISANG (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Kimia di SMA/MA Kelas XII Semester 2 Materi Pokok Makromolekul))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR GULA REDUKSI PADA SALE PISANG (Sebagai Alternatif Sumber Belajar Kimia di SMA/MA Kelas XII Semester 2 Materi Pokok Makromolekul))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Sale pisang merupakan jenis makanan yang dibuat dari buah pisang matang yang diawetkan dengan cara pengeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kadar gula reduksi dalam sale pisang yang dibuat dengan cara dijemur dan dioven. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia di SMA/MA kelas XII semester 2 Materi Pokok Makromolekul. Penelitian ini didesain sebagai penelitian eksperimen dengan satu sampel dan dua variabel yaitu cara pengeringan dan kadar gula reduksi. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah buah pisang yang diperoleh dari satu daerah di Yogyakarta, dan sampelnya adalah buah pisang yang dibuat sale pisang dengan cara dijemur dan dioven. Data kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya gula reduksi berupa data hasil uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict dan uji Barfoed menunjukkan hasil yang positif. Data kuantitatif yang diperoleh adalah rerata kadar gula reduksi pada sale pisang yang diperoleh dengan cara dijemur di bawah terik matahari sebesar i kurang-lebih /i 2,209 %, sedangkan sale pisang yang diperoleh dengan cara dioven sebesar i kurang-lebih /i 2,295 %. Data kuantitatif ini dianalisis dengan ANAVA AB. Hasil uji ANAVA AB menunjukkan Fhitung Ftabel pada taraf signifikansi 5 %, berarti ada perbedaan kadar gula reduksi pada sale pisang yang diperoleh dengan cara dijemur dioven. Setelah dilakukan penyesuaian tentang hasil penelitian terhadap KTSP, maka hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia di SMA/MA kelas XII semester 2 Materi Pokok Makromolekul. Sumber belajar yang disajikan dalam proses belajar mengajar, dalam bentuk eksperimen serta dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). i Kata kunci : Sale pisang, Gula reduksi, Sumber Belajar. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Eddy Sulistyowati, Apt., MS. dan Esti Wahyu Widowati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sale pisang, Gula reduksi, Sumber Belajar.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 May 2012 18:18
Last Modified: 18 Feb 2016 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item