RIHLAH 'ILMIYAH: DYNAMISM AND COSMOPOLITANISM OF CLASSICAL MUSLIM EDUCATION

ASARI, HASAN (2007) RIHLAH 'ILMIYAH: DYNAMISM AND COSMOPOLITANISM OF CLASSICAL MUSLIM EDUCATION. Hermenia, 6 (No. 1). pp. 1-15. ISSN 1412-8540

[img]
Preview
Text
HASAN ASARI RIHLAH 'ILMIYAH DYNAMISM AND COSMOPOLITANISM OF CLASSICAL MUSLIM EDUCATION.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

"Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasa". Merupakan pepatah lama bangsa Indonesia. Ungkapan bijak ini secara indah meringkaskan relevansi ruang dan waktu dengan kehidupan sukses dan bermakna. Ungkapan tersebut menekankan fakta bahwa kualitas dibangun berdasarkan atas pengalaman yang ditemukan di berbagai tempat dan waktu. Artikel ini berusaha untuk mengungkapkan kenyataan historis dari filsafat ini berkenaan dengan ruang dan waktu dalam tradisi intelektua! Muslim klasik. Arti penting petualangan dan pengembaraan yang dilakukan demi karier intelektual menemukan ekspresinya dalam praktik yang disebut rihlah 'ilmiyah (harfiah, pengembaraan ilmiah). Pembahasan ini akan difokuskan pada dasar-dasar ajarannya, perkembangan historisnya, dan fungsinya dalam tradisi intelektual Muslim klasik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rihlah 'ilmiyah, adventure, travel, Muslim intellectual, tradition, education.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Jurnal > 13. Hermenia
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Jul 2013 16:10
Last Modified: 28 Feb 2018 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum