PENGARUH PENERAPAN METODE HILDA TABA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII MTS NEGERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

RUSLAN ABDUL AZIZ, NIM 03460509, (2008) PENGARUH PENERAPAN METODE HILDA TABA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII MTS NEGERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE HILDA TABA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII MTS NEGERI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui penerapan metode Hilda Taba terhadap peningkatan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VII MTsN Prambanan Sleman pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya dan 2) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep Fisika antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Fisika dengan metode Hilda Taba dan metode Ceramah pada siswa kelas VII MTsN Prambanan Sleman pokok bahasan Zat dan Wujudnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode pembelajaran untuk kelas eksperimen adalah metode Hilda Taba sedangkan kelas kontrol menggunakan metode Ceramah. Di dalam desain ini observasi dilakukan 2 kali yaitu sebelum eksperimen disebut pre test dan sesudah eksperimen disebut post test. Dari selisih skor antara pre test dan post test akan diketahui adanya peningkatan dan perbedaan pemahaman konsep Fisika antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Fisika dengan metode Hilda Taba dan metode Ceramah pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya. Desain yang digunakan adalah Randomized Control Group Pre-Test dan Post-Test Design. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Prambanan Sleman. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2007/2008. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII dengan populasinya berjumlah 5 (lima) kelas, maka peneliti menggunakan teknik sampling. Sedangkan jumlah sampel yang diambil 2 kelas, VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian antara lain 1). variabel bebas : pembelajaran Fisika melalui metode Hilda Taba, 2). variabel terikat : pemahaman konsep materi zat dan wujudnya, 3). variabel kontrol : jumlah jam, guru, pokok bahasan Zat dan Wujudnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes (pre tes dan post test). Pengujian tes dilakukan dengan validitas instrumen dengan uji Korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen dengan uji keterandalan Kuder Richardson (KR-20). Pengujian hipotesis dilakukan uji T. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis yaitu: uji Normalitas dan uji Homogenitas. Hasil pengujian uji hipotesis 1, menyimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode Hilda Taba terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII MTsN Prambanan Sleman pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya, dengan hasil uji x post test x pre test = 58 38. Hasil pengujian uji hipotesis 2, menyimpulkan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep Fisika antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Fisika dengan metode Hilda Taba dan metode Ceramah pada pokok bahasan Zat dan Wujudnya, dengan hasil uji FHitung FTabel = 0,0068 3,98 dan thitung ttabel = 3,49 1,671 pada amp;#945; = 0,05. i Kata kunci : Hilda Taba, Pemahaman Konsep, Penelitian Eksperimen. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hilda Taba, Pemahaman Konsep, Penelitian Eksperimen.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 18:31
Last Modified: 07 Dec 2016 04:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item