PENGLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JEPON BLORA

SITI ANISA HIDAYATI, NIM 03450472 , (2008) PENGLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JEPON BLORA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JEPON BLORA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGLIBATAN SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JEPON BLORA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran sains (biologi) dengan penglibatan siswa dalam pembuatan media pembelajaran dan mengetahui banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi dan prestasi belajar pada materi pokok sistem pernafasan manusia dengan penglibatan siswa dalam pembuatan media pembelajaran sains (biologi) siswa kelas VIII-B MTs Negeri Jepon-Blora. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berpedoman pada rancangan model siklus dari Kemmis dan Taggartt (1988) melalui empat tahapan, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi serta menggunakan pretes, postes, dan angket. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII-B MTs Negeri Jepon Blora yang terdiri dari 37 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa tindakan dengan penglibatan siswa dalam pembuatan media berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilan yang dicapai antara lain : (1) peningkatan motivasi belajar biologi siswa yang didapatkan dari pengisian angket motivasi oleh siswa dan dari pengamatan oleh observer. Berdasarkan hasil pengisian angket didapatkan hasil pada siklus I, motivasi pada kategori rendah sebesar 5,5 %, sedang sebesar 67,5%, dan tinggi sebesar 27%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa lebih baik dari siklus I, yakni pada kategori rendah sebesar 0%, sedang sebesar 54%, dan tinggi sebesar 46 %; (2) peningkatan prestasi belajar sains (biologi) siswa. Berdasarkan hasil tes siklus I, pretes sebesar 5,05 mengalami peningkatan sebesar 0,98 dari postes yang nilainya sebesar 6,02. Sedangkan pada siklus II, prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 1,28, dari pretes sebesar 6,2 menjadi 7,48 pada postes. Hal ini berarti prestasi belajar bioogi siswa pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata 0,3 dari siklus I. i Kata kunci : Penglibatan, pembuatan media, motivasi, dan prestasi belajar. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Siti Mariyam, M. Kes.
Uncontrolled Keywords: Penglibatan, pembuatan media, motivasi, dan prestasi belajar.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 18:47
Last Modified: 13 Dec 2016 01:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item