PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN i STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) /i SUB MATERI POKOK MASSA JENIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II

SUCI CAHYANINGSIH, NIM 03460536, (2008) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN i STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) /i SUB MATERI POKOK MASSA JENIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) SUB MATERI POKOK MASSA JENIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) SUB MATERI POKOK MASSA JENIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah proses pembelajaran fisika dengan pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIE MTs Negeri Yogyakarta pada sub materi pokok massa jenis. (2) Mengetahui apakah pendekatan starter eksperimen dapat meningkatkan prestasi siswa kelas VIIE MTs Negeri Yogyakarta II. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE semester I tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub materi pokok massa jenis zat padat dan siklus II sub materi pokok massa jenis zat cair. Data prestasi (kognitif) siswa diperoleh dari hasil soal pretest dan posttest. Data keaktifan siswa saat pembelajaran diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Data kemampuan kognitif siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari gain (selisih rerata pretest dan posttest). Perbedaan yang signifikan adalah apabila nilai rerata posttest lebih besar dari nilai rerata pretest. Data keaktifan siswa dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan persentase keaktifan siswa saat kegiatan pembelajaran pada setiap siklus, yang meliputi aktivitas dalam melakukan percobaan awal mengalami peningkatan sebesar 10,5%, melakukan pengamatan mengalami peningkatan sebesar 13,3%, merumuskan masalah mengalami peningkatan sebesar 21,5%, membuat dugaan sementara mengalami peningkatan sebesar 18,6%, melakukan percobaan pengujian mengalami peningkatan sebesar 10,4%, penyusunan konsep mengalami peningkatan sebesar 16,1%, dan aktivitas siswa dalam mencatat pelajaran mengalami peningkatan sebesar 8,5%. (2) Terjadi peningkatan prestasi siswa (aspek kognitif) setelah tindakan dilakukan. Pada siklus I, gain yang diperoleh sebesar 1,46 meningkat menjadi 1,84 pada siklus II. i Kata Kunci: Prestasi, Aktivitas, Pendekatan Starter Experiment. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Aktivitas, Pendekatan Starter Experiment.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 18:57
Last Modified: 07 Dec 2016 04:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item