IMPLEMENTASI KERJA LABORATORIUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007

SUSANTI, NIM 03460520 , (2008) IMPLEMENTASI KERJA LABORATORIUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KERJA LABORATORIUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KERJA LABORATORIUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di MAN MAGUWOHARJO, Depok, Sleman Yogyakarta, dengan pengambilan subjek kelas XA. Setiap siklus penelitian dilakukan dengan pemberian pre-test, LKS, post-test, dan angket siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran yang dilakukan dalam setiap siklus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan proses dan produk kerja laboratorium dengan berbagai model yaitu pada tahap awal setiap siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran dengan bahan dan peralatan yang sama, diteruskan dengan kegiatan kelompok kecil dan diakhiri dengan integrasi keduanya. Sementara model ini didasarkan pada asumsi bahwa siswa dapat membangun pengetahuan lewat kegiatan laboratorium. Dalam penelitian materi yang diambil dalam pembelajaran mengenai Listrik Dinamis dengan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana dalam pertolehan datanya sebagai berrikut : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi serta perencanaan tindakan lanjut. Setelah dilakukan penelitian dan analisis hasil penelitian, maka diperoleh persentase pelaksanaan dalam masing-masing model yaitu : pada model I mencapai 59,46 % dengan kritertia cukup, model II mencapai 64,78 % dengan kriteria baik, dan pada model III mencapai 78,37 % dengan kriteria baik. Persentase tersebut menunjukkan tingkat keberhasilan proses. Sedangkan tingkat keberhasilan produk (persentase penguasaan konsep) dilihat dari peningkatan hasil tes siswa, pada model I diperoleh 36,56 %, model II 37,3 %, dan pada model III mencapai 69,99 %. i Kata Kunci: Konstriktivis, Implementasi. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konstriktivis, Implementasi.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 19:19
Last Modified: 07 Dec 2016 04:05
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item