MADZHAB QIRA'AT ALOUR'AN DAN IMPLIKASINYADALAM PENDIDIKAN PEMANUSIAAN

MARAGUSTAM SIREGAR , - (2004) MADZHAB QIRA'AT ALOUR'AN DAN IMPLIKASINYADALAM PENDIDIKAN PEMANUSIAAN. Jurnal Kependidikan Islam vol 2 nomor 1 2004.

[img]
Preview
Text
MARAGUSTAM SIREGAR MADZHAB QIRA'AT ALOUR'AN DAN IMPLIKASINYADALAM PENDIDIKAN PEMANUSIAAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Penyeragaman pada hakikatnya merupakan proses kekerasan terhadap perbedaan, pemerkosaan terhadap bakat dan ideologi, pengkebiran terhadap potensi, dan bentukpenjajahan terhadap kebebasan dan kemerdekaan umat manusia. Bakat, potensi, lingkungan, ruang dan waktu pasti berbeda, dapat serupa tetap! tidak pernah sama. Kemajuan dapat tumbuh karena lahirnya daya cipta dan kreativitas dan daya cipta dan kreativitas tumbuh karena ada kemungkinan untuk mencapai otonsitas dan orisinalitas. Seterusnya otensitas dan orisinalitas hanya mungkin berkembang kalau perbedaan bukan hanya diperbolehkan, tetapi dihargai dan diJunjung tinggi. Nabi saw membolehkan berbagai Sistem Qiraat yang membawa implikas! perbedaan hukum, tidak dimaksudkan untuk memecahbelah rasa kemanusiaan diantara umat Islam, tetapi dimaksudkan sebagai pendidikan pemanusiaan manusia yakni meringankan berbagai suku membaca Qur'an, sebagai khazanah kekayaan Ulumul Qur'an dan penghargaan terhadap potensi, kebebasan, bakat dan pengakuan terhadap realitas perbedaan di masyarakat. Dengan demikian madzhab qiraat pada hakikatnya membawa /mplikasi pendidikan pemanusiaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemanusiaan, kemanusiaan, Qira'at as-Sab'at, Qira'at As- 'Asyarah, Qira'at Mu'tabarah, dan imam-imam qira'at.
Subjects: Kependidikan Islam Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Jul 2013 14:55
Last Modified: 03 Jul 2013 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item