STUDI KASUS KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MAPEL MATEMATIKA DI SMPN 2 DEPOK DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PEMBELAJARAN

SUSILOWATI, NIM 03430331, (2008) STUDI KASUS KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MAPEL MATEMATIKA DI SMPN 2 DEPOK DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MAPEL MATEMATIKA DI SMPN 2 DEPOK DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PEMBELAJARAN)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS KETERLAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MAPEL MATEMATIKA DI SMPN 2 DEPOK DITINJAU DARI ASPEK KEGIATAN PEMBELAJARAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika di SMPN 2 Depok ditinjau dari aspek kegiatan pembelajaran, yaitu dengan menganalisis dan mengkaji pengelolaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Depok. Sampel penelitian ini adalah guru bidang studi Matematika kelas VII C beserta siswa kelas VII C, dan guru bidang studi Matematika kelas VIII B beserta siswa kelas VIII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket guru, angket siswa serta dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kegiatan pembelajaran Matematika yang dilakukan oleh guru meliputi: guru telah menyusun RPP dan Silabus berdasarkan KTSP sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil analisis data mengenai kelengkapan perangkat pembelajaran yang berupa Silabus dan RPP menunjukkan bahwa komponen-komponen yang telah tertulis di dalamnya telah sesuai dengan format Silabus dan RPP yang berbasis KTSP, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak selalu diinformasikan kepada siswa pada waktu pembelajaran, dalam melaksanakan pembelajaran di kelas guru jarang menggunakan metode maupun media yang bervariasi. Hasil analisis observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa komponen pernyataan siswa bertanya kepada guru hanya 22,22%, siswa mengemukakan ide maupun siswa menyanggah ide adalah 0%. Hasil analisis indikator pengelolaan kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa prosentase penyimpulan materi adalah 44,44%, penyimpulan materi di akhir pertemuan masih berupa definisi mutlak dari guru. Di akhir pertemuan, guru tidak menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya. Hambatan yang dialami guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran adalah: kurangnya persiapan guru dalam mempersiapkan metode maupun media pembelajaran, tingkat keberanian siswa yang masih kurang dalam mengemukakan pendapat kepada guru. Kendala yang dialami siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah: masih rendahnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru, siswa belum memiliki keberanian untuk mengemukakan ide maupun untuk menyanggah pendapat. i Kata Kunci: kegiatan pembelajaran, hambatan guru, dan kendala siswa. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sumardyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kegiatan pembelajaran, hambatan guru, dan kendala siswa.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 19:30
Last Modified: 14 Dec 2016 04:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item