PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 2 TEMON KULON PROGO KELAS VIII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007/2008)

TISNGATUN NUROCHMAH, NIM 02451165, (2008) PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP N 2 TEMON KULON PROGO KELAS VIII SEMESTER I TAHUN AJARAN 2007/2008). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan tingkat kemampuan proses sains pada kemampuan observasi, klasifikasi, merumuskan masalah, identifikasi variabel, dan mengendalikan variabel melalui pendekatan inkuiri dalam proses pembelajaran pada materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo; (2) membuktikan tingkat penguasaan konsep biologi melalui pendekatan inkuiri dalam proses pembelajaran pada materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Temon Kulon Progo. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas perlakuan dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non random sampling. Adapun instrumen penelitian berupa lembar soal tes hasil belajar sains dan lembar observasi kemampuan keterampilan proses sains. Pengambilan data dengan metode tes dan observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan dengan uji t. uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan dengan sangat signifikan kemampuan proses sains siswa dan penguasaan konsep pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP N 2 Temon Kulon Progo, hal ini dibuktikan dengan uji t yang diperoleh hasil t hitung 3,732 2,000 (p 0,01). i Kata kunci : Inkuiri, Proses, Sains, Pembelajaran, IPA, dan Pencernaan. /i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Proses, Sains, Pembelajaran, IPA, dan Pencernaan.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 19:46
Last Modified: 13 Dec 2016 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item