IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN BI’AH LUGAWIYAH DI SMA PLUS BOARDING SCHOOL MIFTAHUL ‘ULUM RAJASINGA TERISI INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2012/2013

WASTINAH, NIM. 09420038 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN BI’AH LUGAWIYAH DI SMA PLUS BOARDING SCHOOL MIFTAHUL ‘ULUM RAJASINGA TERISI INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN BI’AH LUGAWIYAH DI SMA PLUS BOARDING SCHOOL MIFTAHUL ‘ULUM RAJASINGA TERISI INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN BI’AH LUGAWIYAH DI SMA PLUS BOARDING SCHOOL MIFTAHUL ‘ULUM RAJASINGA TERISI INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

WASTINAH, implementasi pembelajaran maharah al-kalam dalam upaya pembentukan bi ’ah lugawiyah di SMA Plus Boarding School Miftahul ‘Ulum Rajasinga Terisi Indramayu. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan implementasi pembelajaran maharah al-kalam dalam upaya pembentukan bi ’ah lugawiyah di SMA Plus Boarding School Miftahul ‘Ulum Rajasinga Terisi Indramayu serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran bagi penelitian serupa yang memabahas tentang implementasi pembelajaran maharah al-kalam dalam upaya pembentukan bi ’ah lugawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SMA Plus Boarding School Miftahul ‘Ulum Rajasinga Terisi Indramayu Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan menuturkan, menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa implementasi pembelajaran maharah al-kalam terdiri dari pembelajaran di kelas (pada jam KBM), yaitu mulai pukul 07.00-15.30 WIB, dan penerapannya di lingkungan Pondok Pesantren meliputi: adanya pemberlakuan wajib bahasa bagi seluruh penghuni Pondok Pesantren, adanya penambahan mufrodat yaumiyah (kosa kata harian) dan mufradat usbu’iyyah (kosa kata mingguan), adanya kegiatan muhadatsah mingguan, muhadloroh usbu’iyyah (khitobah mingguan), pengajian kitab kuning, adanya ujian lisan setiap semester, adanya kewajiban ‘amaliyah tadris (praktek mengajar) bagi kelas akhir atau kelas VI (kelas XII SMA). Adapun faktor pendukungnya antara lain: adanya keteladanan dari pengurus yayasan, pengasuh, pengurus pondok pesantren dan seluruh dewan guru dalam berbahasa Arab dan Inggris, adanya pemantauan berupa sangsi bagi pelanggar bahasa, tersedianya ustadz/ustadzah yang mempunyai basic bahasa Arab dan Inggris, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) faktor intern: lemahnya motivasi, kurangnya minat (b) faktor ekstern: tenaga pendidik/guru, peserta didik, kurikulum, administrasi, dan sarana prasarana yang kurang memenuhi kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2013 13:27
Last Modified: 03 May 2017 06:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item