STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN (Studi Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lasem Rembang)

ZAINUDDIN - NIM. 03410165, (2008) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN (Studi Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lasem Rembang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa yang tinggal bersama orang tua dan mengetahui tingkat prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa antara yang tinggal bersama orang tua dengan yang tinggal di pondok pesantren Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII MA NU Lasem, Rembang tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 125 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik staratifield sample dan proporsional sample. Ukuran sampel ditentukan berdasarkan ketentuan tabel Harry King dengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan 30 butir angket dinyatakan valid. Sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabel sebesar 0,882 pada angket siswa yang ikut orang tua dan 0.883 pada angket siswa yang bertempat tinggal di pondok. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparasi dengan menggunakan uji Test quot;t quot;. Hasil penelitian 1) Tingkat prestasi belajar siswa yang tinggal bersama orang tua rata-rata berada pada tingkat sedang/cukup karena siswa yang tinggal bersama orang tua rata-rata berada pada lingkungan belajar yang sedang/cukup dalam mendukung prestasi belajar siswa. 2) Tingkat prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren rata-rata berada pada tingkat cukup/sedang karena siswa yang tinggal di pondok pesantren berada pada lingkungan belajar yang cukup/sedang dalam mendukung prestasi belajar siswa. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara yang tinggal bersama orang tua dengan yang tinggal di pondok pesantren pada Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lasem Rembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Pondok pesantren
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item