KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQURAN HADIS DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

TOPAJI PANDU BARUDIN, NIM. 09410026 (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQURAN HADIS DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA .

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQURAN HADIS DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ALQURAN HADIS DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa evaluasi merupakan hal penting dari suatu proses pembelajaran, dimana evaluasi bisa menjadi landasan bagi pembelajaran ke depan. Evaluasi juga mencerminkan keberhasilan seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran. Kemampuan guru dalam proses evaluasi merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang hendaknya dimiliki oleh setiap guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermutu. Di MTs N Semanu Gunungkidul peneliti menemukan banyak peserta didik yang belum lancar dalam membaca Alquran namun memperoleh nilai yang bagus untuk mata pelajaran Alquran Hadis. Hal tersebut yang membuat munculnya keinginan untuk meneliti bagaimana kompetensi guru Alquran Hadis dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTs N Semanu Gunungkidul, serta untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Alquran Hadis dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di MTs N Semanu Gunungkidul tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs N Semanu Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Alquran Hadis di MTs N Semanu Gunungkidul meliputi teknik tes dan nontes. Teknik tes meliputi ulangan harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, Ulangan Kenaikan Kelas, serta penugasan. Dalam pelaksanaan ulangan harian, Ibu Nur selaku guru Alquran Hadis kelas VIII dan IX memberikan pengurangan 5 poin untuk peserta didik yang berbuat curang. Hal tersebut dilakukan untuk membiasakan peserta didik untuk berbuat jujur. Sedangkan untuk UTS, UAS, serta UKK dilaksanakan dengan membagi setiap kelas menjadi dua kelompok yang akan dikelompokkan kembali dengan kelompok dari kelas yang berbeda. Teknik nontes meliputi observasi dan dokumentasi. Kedua instrumen ini digunakan guru untuk menilai sikap dan kepribadian peserta didik. (2) Kompetensi pedagogik guru Alquran Hadis dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran kurang baik, karena Guru belum menerapkan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang baik. Guru juga belum mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar secara menyeluruh. Selain itu guru belum memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 15:47
Last Modified: 24 Aug 2018 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum