PENDIDIKAN PARTISIPATIF DI SLTP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH SALATIGA

UMI ZAKIYAH - NIM. 02411300 , (2008) PENDIDIKAN PARTISIPATIF DI SLTP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH SALATIGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan penelitian ilmiah mengenai pelaksanaan pendidikan partisipatif di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang konsep dasar pendidikan partisipatif dan proses pembelajaran partisipatif di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga, serta menganalisis secara kritis signifikansi pendidikan partisipatif bagi SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran kontemporer dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pelaksanaan pendidikan partisipatif di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga berlangsung atas partisipasi masyarakat setempat, perusahaan swasta, dan pemerintah. Dimana masyarakat berperan sebagai sumber dan media belajar, perusahaan swasta sebagai penyedia fasilitas (jaringan internet), dan pemerintah sebagai pelindung hukum. Proses pembelajaran berjalan atas partisipasi aktif peserta didik dan guru sebagai fasilitator. Materi pembelajaran disusun berdasarkan keinginan dan kebutuhan siswa, siswa dibebaskan memilih metode dan media pembelajaran serta mekanisme evaluasi. (2)Signifikansi pendidikan partisipatif di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga adalah: karena SLTP AQT terlahir dari Lembaga Swadaya Masyarakat Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah maka akan lebih tepat jika konsep yang digunakan adalah konsep yang memberikan peluang kepada petani untuk terlibat secara langsung dalam prosesnya; SLTP AQT merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan masyarakat sebagai basis penyelenggaraannya maka keterlibatan masyarakat mutlak dibutuhkan, dan dengan konsep pendidikan partisipatif keterlibatan masyarakat secara langsung dalam proses pendidikan akan menemukan jalannya; sesuai dengan semangat awal pendiriannya dimana SLTP AQT ingin memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat maka, proses pembelajaran didesain dengan melibatkan partisipasi aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah, AS., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan partisipatif
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum