ANALISIS BUKU ILMU NAHWU PRAKTIS SISTEM BELAJAR 40 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA (TINJAUAN ISI MATERI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN)

SOFWAN JAMIL, NIM. 09420150 (2013) ANALISIS BUKU ILMU NAHWU PRAKTIS SISTEM BELAJAR 40 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA (TINJAUAN ISI MATERI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU ILMU NAHWU PRAKTIS SISTEM BELAJAR 40 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA (TINJAUAN ISI MATERI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU ILMU NAHWU PRAKTIS SISTEM BELAJAR 40 JAM KARYA KH. ACENG ZAKARIA (TINJAUAN ISI MATERI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah indikator penilaian buku teks yang ditawarkan oleh BSNP atau Kementrian Agama yang tertuang dalam permenag RI no. 02 tahun 2008 sudah tercapai atau belum, baik dalam aspek penilaian materi, aspek penilaian penyajian, aspek penilaian kebahasaan, aspek penilaian kegrafikan. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Ilmu Nahwu Praktis Sistem 40 Jam Karya KH. Aceng Zakaria yang diterbitkan pada tahun 2004 oleh penerbit IBN Azka Press. Dengan cara menelaah, menganalisis yang kemudian menilai keseluruhan buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Reseach dan bersifat analisis deskriptif. Pemerolehan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menelusuri dan mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku, jurnal, kitab, artikel, dan tulisan-tulisan lainnya yang dinilai memiliki hubungan (Relevan) dan mendukung pemecahan masalah serta pencapaian kebenaran dalam kesempurnaan skripsi ini. Pengumpulam data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah: (a) wawancara dengan penulis buku, (b) studi pustaka atau pengamatan terhadap buku yang sedang diteliti baik yang bersifat primer maupun sekunder. Sedangkan untuk memperkuat data yang akan dikumpulkan peneliti juga menggunakan beberapa instrument diantaranya: menggunakan tabel yang berisi tentang butir, deskripsi dari butir apakah memenuhi indikator atau tidak, selanjutnya terdapat kolom keterangan yang terdiri dari baik dan perlu perbaikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis non statistik yaitu berupa evaluasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengklasipikasian dari aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, aspek kegrafikan yang kemudian dilakukan penilaian terhadap keempat aspek tersebut dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil analisis yang telah dilakukan kemudian dapat diambil kesimpulan, bahwa buku yang ditulis oleh KH. Aceng Zakaria secara umum baik dan sudah memenuhi standar mutu buku. Akan tetapi dari beberapa hal dalam buku tersebut masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki, diantaranya dari segi materi tidak adanya acuan pustaka, tidak ada ilustrasi atau gambar pendukung untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Dari segi penyajian tidak dituliskannya target realisitis dari apa yang akan dipelajari secara tertulis pada setiap awal materi baru, tidak dituliskannya kata “Pendahuluan” pada judul bab dan tidak ada bagian penyudah. Kemudian dari segi Kebahasaan kurang merangsang siswa untuk berfikir kritis dan masih terdapat penulisan yang tidak sesuai dengan EYD. Serta perlu konsistensi pada penulisan transliterasi huruf vokal rangkap (Vokal panjang) Arab-latin.. Serta dari segi kegrafikan tidak ada ilustrasi atau gambar untuk membantu siswa dalam memahami materi yang ada. Key word: Analisis, indikator, penilaian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 17:23
Last Modified: 03 May 2017 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum