NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HADIST PERINTAH SHALAT

TRIWIDYASTUTI - NIM. 03470571 , (2008) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HADIST PERINTAH SHALAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadits riwayat Imam Abu Daud adalah hadits yang akan penulis teliti. Seperti halnya telah penulis tuliskan diatas. Karena hadist tersebut penulis anggap hadits yang bermuatan pendidikan. Terutama pendidikan terhadap anak. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian; 1) Jenis penelitian, yakni penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang dapat diperoleh dari perpustakaan. 2) Sifat penelitian, yakni deskriptif-analisis yaitu pemaparan apa adanya terdapat apa yang dimaksud dalam teks dengan cara memfrasekan dengan bahasa peneliti. Sedangkan pengolahan data: 1) Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya ialah; a. Nilai Pendidikan Keimanan, b. Nilai Pendidikan Ibadah, c. Nilai Pendidikan Akhlaq, d. Nilai Pendidikan Seks Bagi Anak. 2) Sedangkan implikasinya ialah; a. Nilai-nilai pendidikan Islam dapat dijadikan alat pengubah anak didik melalui proses pendidikan baik, dapat digunakan sebagai pedoman (patokan) dalam pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya, diaplikasikam guna membentuk manusia yang bertaqwa melalui ibadah mahdloh maupum ghairu mahdlohnya dan dapat diterapkan atau dilibatkan dalam pengasuhan anak melalui proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, b. Pendidikan Keimanan, Pendidikan Ibadah, Pendidilkan Akhlaq dan Pendidikan Seks Bagi Anak. Nilai-nilai tersebut dapat diterapkan atau dilibatkan dalam setiap lini pendidikan anak dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Hadist, Shalat
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item