EFEKTIVITAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA

SITI MUJAYANAH, NIM. 09410013 (2013) EFEKTIVITAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembentukan akhlak bagi setiap manusia adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan terus menerus tanpa henti baik melalui pembinaan, kebiasaan dan hal-hal yang dapat meningkatkan akhlak seseorang. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembentukan akhlak dalam sistem full day school serta bagaimana Efektivitas sistem full day school dalam pembentukan akhlak siswa SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan Efektivitas pembentukan akhlak siswa melalui sistem full day school yang meliputi proses pembentukan akhlak serta metode yang digunakan dalam pembentukan akhlak tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembentukan akhlak siswa melalui sistem full day school. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dengan pemilihan data yang telah didapat kemudian penyajian data yang sudah dikumpulkan dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pembentukan akhlak siswa dilakukan dengan proses pembentukan akhlak seperti membimbing siswa dengan kebiasaan keagamaan, mengupayakan siswa bergaul dengan orang yang baik, membimbing siswa peduli lingkungan dan membimbing siswa mengubah perilaku buruk menjadi baik. Selain itu, diperlukan metode yang sesuai bagi siswa, yaitu metode keteladanan yang sering digunakan untuk membimbing siswa agar selalu melakukan hal yang baik seperti yang diajarkan oleh gurunya. Kemudian metode pembiasaan yang sering digunakan untuk pembentukan kebiasaan beragama seperti shalat berjamaah dan mendoakan orang tua, kebiasaan sopan santun seperti mengucapkan senyum, sapa dan salam, bersalaman saat bertemu guru, kebiasaan kepedulian sosial seperti meminjami teman yang lupa membawa alat tulis, berinfak dan kebiasaan disiplin seperti membuang sampah pada tempatnya, menjalankan ibadah shalat tepat waktu. Dan yang terakhir metode nasihat yang sering digunakan untuk menasihati siswa yang melakukan hal yang kurang baik dan memberi motivasi agar siswa dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik. Kedua, hasil pembentukan akhlak siswa melalui sistem full day school sudah cukup baik dan bisa dikatakan efektif, semua itu dapat dilihat dari aspek proses pelaksanaan dan hasil perubahan perilaku siswa, selain itu juga dilihat dari tercapainya beberapa tujuan pendidikan yang telah dirancang oleh pihak sekolah yang berhubungan dengan pembentukan akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 17:38
Last Modified: 24 Aug 2018 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum