PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH DI KELAS VIIIB MTS NEGERI MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013

KOKOM KOMARIAH, NIM. 09420132 (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH DI KELAS VIIIB MTS NEGERI MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH DI KELAS VIIIB MTS NEGERI MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH DI KELAS VIIIB MTS NEGERI MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran qira’ah di kelas VIIIB MTs N Maguwoharjo, mengidentifikasi problematika yang dihadapi oleh guru dan siswa dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di MTs N Maguwoharjo dalam menyelesaikan problematika dalam pembelajaran qira’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di kelas VIIIB MTs N Maguwoharjo. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran qira’ah di kelas VIIIB MTs N Maguwoharjo telah berjalan cukup baik, dalam pembelajaran guru telah memperhatikan komponen-komponen pembelajaran dari tujuan, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, interaksi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, siswa dan guru, serta belum tersedianya laboratorium bahasa. (2) Problematika yang dihadapi oleh guru dan siswa di kelas VIIIB adalah problem linguistik, metodologis dan sosiologis. Problem linguistik yaitu siswa belum fasih dan lancar dalam melafalkan huruf Arab. Problem metodologis problem yang berasal dari komponen pembelajaran itu sendiri karena belum mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal seperti tujuan, materi, metode, sumber belajar, media, interaksi pembelajaran, guru dan siswa. Sedangkan problem sosiologis yaitu belum tersedianya bi’ah lughawiyah (3) Upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam menyelesaikan problematika pembelajaran qira’ah yaitu: (a) Untuk guru, bekerja sama dengan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan melakukan studi banding ke madrasah yang sudah unggul dan berprestasi dalam bidang bahasa Arab, berusaha untuk menggunakan media pembelajaran. (b) Untuk siswa, memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang berkelanjutan kepada siswa dari satu materi ke materi yang lain, kegiatan Baca Tulis Qur’an (BTQ) melalui kegiatan ini kemampuan siswa dalam melafalkan huruf Arab mengalami peningkatan karena rutin setiap satu minggu dua kali. Pemberian Tugas menghafal lima kosa kata untuk dihafalkan di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 18:07
Last Modified: 26 Apr 2017 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum