EKSPERIMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF TIPE GAME BROKEN SQUARE DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS X MAN POPONGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

IDAM KHOLID, NIM. 09420182 (2013) EKSPERIMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF TIPE GAME BROKEN SQUARE DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS X MAN POPONGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF TIPE GAME BROKEN SQUARE DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS X MAN POPONGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE PERMAINAN EDUKATIF TIPE GAME BROKEN SQUARE DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS X MAN POPONGAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAN Popongan Kabupaten Klaten, 2) Membuktikan ada tidak adanya perbedaan antara hasil belajar al-qira’ah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, 3) Membuktikan peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperiemen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Popongan Kabupaten Klaten sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampelnya dengan menggunakan rancangan sampling probability berupa random sampling. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu, Kelas X-C Sebagi kelompok kontrol dengan jumlah 16 siswa dan kelas X-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrument dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity). Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolomogrof-smirnov, sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus lavane statistic dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahawa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen dan kontrol, hasil analisis uji-t posttest disimpulkan bahwa nilai Sig. menunjukan nilai = 0.094>0,05, jadi H diterima. Jika kita melihat nilai rata-rata postest kontrol sebesar 77 dan eksperimen sebesar 80.8, perbedaanya tidak terlalu signifikan. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan kelompok eksperimen, dimana nilai Sig.= 0.002> 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa arab maharah al-qira’ah antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Namun terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen yang pembelajarannya dengan menggunakan metode permainan edukatif tipe broken square.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 21:10
Last Modified: 26 Apr 2017 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum