PENGELOLAAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL YOGYAKARTA

HALIMATUS SYA’DIYAH, NIM. 09470084 (2013) PENGELOLAAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kegelisahan mutu atau kualitas dari pendidikan khususnya di madrasah. Mutu atau kualitas sangat penting dalam pendidikan. Seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dalam dunia pendidikan semakin tinggi, dunia pendidikan mengadopsi Total Quality Management (TQM) dari dunia industri untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat terhadap mutu pendidikan. Dengan Total Quality Management diharapkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik dan masyarakat sebagai konsumen pendidikan merasa puas dengan hasil output dari suatu madrasah atau sekolah. Melihat pentingnya kualitas pendidikan maka peneliti sangat tertarik untuk mengkaji secara mendalam terkait dengan mutu pendidikan di madrasah yang dalam hal ini terfokus pada MI Ma’arif Patalan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model perencanaan mutu, penerapan kebijakan mutu, pengendalian mutu dan upaya yang dilakukan madrasah untuk perbaikan mutu di MI Ma’arif Patalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah MI Ma’arif Patalan Bantul dengan sumber data kepala madrasah, seksi kurikulum, seksi kesiswaan, seksi sarana dan prasarana, seksi humas, komite madrasah, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah MI Ma’arif Patalan Bantul menggunakan pola perencanaan RKJM dan RKT dengan acuan standar nasional pendidikan. Penerapan kebijakan mutu di MI Ma’arif Patalan meliputi sikap kedisiplinan, senyum, salam dan sapa, hafalan surat unggulan, juz ’amma dan infak, penerapan standar kompetensi, peningkatan prestasi siswa yang meliputi olimpiade MIPA sampai tingkat provinsi, peningkatan UN, UAM BN masuk lima besar tingkat provinsi, menjadi madrasah favorite, penerapan kebijakan tenaga pendidik, sarana dan prasarana yang meliputi memperluas lahan madrasah, mengadakan sirkulasi ruang perpustakaan dan kelas, menambah alat transportasi, kebijakan mengenai administrasi biaya pendidikan. Pengendalian mutu pendidikan di MI Ma’arif Patalan meliputi sidak, supervisi, monitoring, dan evaluasi. Upaya yang dilakukan oleh madrasah untuk perbaikan mutu di MI Ma’arif Patalan Bantul meliputi: pengkajian kurikulum, perbaikan administrasi, penambahan sarana dan prasarana, peningkatan kompetensi guru. Kata Kunci : Total Quality Management, MI Ma’arif Patalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 21:15
Last Modified: 25 Mar 2022 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum