EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

SUPARMI - NIM. 03470601, (2008) EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM BAGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESKRIPSI Idealnya, Setiap Muslim mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari (berkepribadian Muslim). Namun pada kenyataannya tidak setiap Muslim mengetahui dan mengamalkan nilai Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, dunia pendidikan Islam diharapkan mampu untuk menjembatani persoalan ini. Pendidikan merupakan dasar dan ukuran untuk membedakan manusia dalam berpikir, bertindak dan membuat keputusan. Pendidikan bukan sekedar transfer pengetahuan dari guru kepada murid, tetapi juga adalah proses pembentukan kepribadian. Biasanya pembentukan dan pengembangan kepribadian dalam suatu institusi pendidikan lebih bersifat non formal, seperti dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dengan Visinya yang berbunyi Membentuk Siswa berkepribadian Muslim, cerdas dan berprestasi merupakan salah satu sekolah yang memberikan perhatian lebih bagi perkembangan kepribadian peserta didiknya. Visi sekolah ini sungguh sangat menggugah penulis, Oleh karena Visi SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta yang berbunyi demikian itu, maka penulis tertarik untuk menelitinya; penulis ingin tahu sejauh mana kemampuan (efektifitas) kegiatan-kegiatan atau program yang diadakan di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam mewujudkan Visi yang luar biasa tersebut. Lewat metode wawancara, kuisioner seta pengamatan langsung di lapangan (dokumentasi), penulis berusaha mencari tahu sejauh mana efektifitas kegiatan ekstra kurikuler yang diadakan di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam pembentukan kepribadian Muslim. Hasilnya, kegiatan ekstra kurikuler yang ada di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta memang banyak jumlahnya. Dari berbagai kegiatan yang ada, penulis memilih tiga kegiatan ekstra kurikuler. Tiga kegiatan yang penulis pilih merupakan kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian Muslim, yaitu Praktek Ibadah, Hafalan al-Qur'an dan Hizbul Wathan. Di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, kegiatan ekstra kurikuler juga didukung oleh kegiatan-kegiatan lain, baik yang diadakan pada jam formal di sekolah maupun yang bukan. Kegiatan tersebut berupa bersalaman dengan bapak/ibu guru di awal dan akhir jam pelajaran, berdoa dan tadarus al-Qur'an pada jam pertama, pengajian kelas, Pesantren Ramadlan, Cerdas Cermat, Out Bond, Pemberantasan buta baca tulis al-Qur'an, Achiefment Motivation Training (AMT), Malam Taqarrub (ESQ), dan lain-lain. Secara umum, kegiatan-kegiatan tersebut berjalan dengan sangat baik di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan sangat efektif perananya dalam membentuk kepribadian Muslim. Bila diberi penilaian dalam skala 0-100, maka nilai yang diperoleh untuk efektifitas kegiatan ekstra kurikuler dalam membentuk kepribadian Muslim di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta adalah 84,83 (sangat efektif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ekstra kurikuler, Kepribadian Muslim
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item