PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI RAUDHATUL ATHFAL (Studi Kasus Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab di Roudlotul Athfal Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

NOVERA PRATIWI, NIM. 09420143 (2013) PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI RAUDHATUL ATHFAL (Studi Kasus Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab di Roudlotul Athfal Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI RAUDHATUL ATHFAL (Studi Kasus Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab di Roudlotul Athfal Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI RAUDHATUL ATHFAL (Studi Kasus Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab di Roudlotul Athfal Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada implementasi kebijakan pendidikan bahasa Arab di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan bahasa Arab pada anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi karya ilmiah yang mampu memperkaya khasanah keilmuan khususnya tentang kebijakan pendidikan bahasa Arab untuk anak usia dini. Penelitian lapangan ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus di RA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun sumber data dan subjek penelitian ini meliputi; Kepala Mapenda dan ketua bidang kurikulum Kanwil Kemenag DIY, Kepala Sekolah dan Dewan Guru RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan belum adanya rumusan kebijakan dari Kemendiknas ataupun Kemenag yang mengatur tentang pendidikan bahasa Arab bagi pendidikan anak usia dini khususnya di Raudhatul Athfal. Belum adanya kebijakan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: 1) Pendidikan anak usia dini lebih dipandang sebagai wahana yang lebih memberikan kesempatan kepada anak-anak usia pra sekolah untuk bermain; 2) Diberlakukannya kebijakan otonomi daerah yang berdampak pada sulitnya koordinasi antar pejabat pemerintah dan lembaga pendidikan dalam menangani masalah pendidikan; 3) Pendidikan Islam merupakan subsistem dari pendidikan nasional sehingga perhatian dari pihak pemerintah terhadap pendidikan Islam tidak optimal. Meskipun dari pemerintah belum ada rumusan kebijakan tentang pendidikan bahasa Arab, RA DWP UIN Sunan Kalijaga telah melaksanakan program pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didiknya. Pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini diajarkan sekali dalam seminggu namun diadakan pengulangan setiap harinya. Materi yang diajarkan hanya sebatas pengenalan kosakata bahasa Arab dengan tema-tema yang berganti setiap minggunya. Adapun metode yang digunakan meliputi menulis, tanya-jawab, dan menyanyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:04
Last Modified: 03 May 2017 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum