PEMBELAJARAN SHARAF DI MADRASAH SALAFIYAH III PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA (Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa)

SUHARTINI - NIM. 03420278, (2008) PEMBELAJARAN SHARAF DI MADRASAH SALAFIYAH III PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA (Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESKRIPSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam belajar ilmu sharaf di Madrasah Salafiyah III (MASAGA) dan untuk mengetahui usaha atau strategi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar sharaf. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran sharaf umumnya dan khususnya Madrasah Salafiyah III (MASAGA) sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun jumlah sampel sebanyak 66 siswa yang terdiri dari siswa kelas I, II dan III serta guru bidang studi sharaf yang jumlahnya 3 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data yang tidak berupa angka yaitu dengan metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap bidang studi sharaf di Madrasah Salafiyah III PP. Al-Munawwir komplek quot;Q quot; Krapyak Yogyakarta adalah termasuk cukup tinggi karena dalam belajar sharaf siswa memiliki motivasi belajar yang muncul dari dirinya sendiri (intrinsik) dan mereka mempunyai kesadaran akan pentingnya mempelajari ilmu sharaf. Sedangkan motivasi ekstrinsik tidak begitu mempengaruhi motivasi belajar siswa karena siswa memiliki motivasi intrinsik yang cukup tinggi dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik. Sedangkan strategi yang digunakan guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari sharaf adalah dengan memberikan tugas dan soal-soal latihan yang harus dikerjakan oleh setiap siswa agar siswa lebih giat lagi dalam belajar sharaf, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan dalam belajar sharaf, membangkitkan gairah belajar siswa pada pelajaran sharaf sehingga dapat membangkitkan prestasi belajar siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari bukubuku/ kitab-kitab yang mengkaji tentang ilmu sharaf sehingga wawasan mengenai pelajaran sharaf akan bertambah, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mempelajari ilmu sharaf, menumbuhkan hasrat untuk belajar serta menumbuhkan minat belajar sharaf khususunya di Madrasah Salafiyah III (MASAGA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Asrori Saud.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sharaf, Motivasi belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item