STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN

ERVIN YUNIARTI NING TYAS, NIM. 09410238 (2013) STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI RECONNECTING DAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMALB-C DI SLB YAPENAS DEPOK SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

ERVIN YUNIARTI NING TYAS. Strategi Reconnecting dan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an pada Siswa SMALB-C di SLB YAPENAS Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.Latar belakang penelitian ini adalah bahwa siswa SMALB-C mempunyai hak yang sama dengan siswa normal dalam memperoleh pembelajaran baca Al-Qur’an. Berdasarkan observasi pra penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa SMALB-C muslim yang belum bisa membaca huruf Al-Qur’an. Untuk memotivasi siswa SMALB-C yang beragama Islam agar bisa mengenal huruf-huruf Al-Qur’an, pihak sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran baca Al-Qur’an yang sudah berjalan kurang lebih satu setengah tahun. Hal yang membedakan dengan pembelajaran baca AlQur’an di tempat lain adalah Strategi dan metode yang digunakan. Di SLB YAPENAS menggunakan strategi reconnecting dan metode Iqro’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ dan apa kendala yang dihadapi guru dan siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok Sleman saat pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan strategi reconnecting dan metode Iqro’. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok sleman dengan menggunakan stretegi reconnecting dan metode Iqro’ beserta kendalanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru/pendidik untuk pembelajaran baca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB YAPENAS Depok Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penggunaan strategi reconnecting dan metode Iqro’ dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada siswa SMALB-C di SLB Yapenas Depok Sleman, menitikberatkan pada kemampuan siswa SMALB-C dalam menerima pelajaran. Manfaatnya membantu siswa untuk membuka ingatan yang tersimpan dalam memori sehingga akan mempermudah guru dalam menghubungkan materi yang satu dengan materi yang lain, bisa mempertajam pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang pernah dipelajari, tercipta pembelajaran yang aktif, dan tercipta hubungan yang komunikatif antara guru dan siswa. (2) pembelajaran tidak dilengkapi dengan alat bantu/peraga sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran, kurangnya tindak lanjut pembelajaran baca Al-Qur’an dari beberapa wali murid, dan pengkondisian siswa yang kurang tegas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:39
Last Modified: 28 Jul 2017 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum