IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

DIAN AMALIA NURRONIAH, NIM. 0970054 (2013) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan guna mengembangkan bakat siswa di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan guna mengembangkan bakat siswa di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan Hadrah, Arabic Club dan Qira’ah dapat terlaksana dengan baik terbukti dengan adanya antusias yang sangat besar dari peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang ada di sekolah ini, sehingga mereka mampu mengembangkan bakat yang mereka miliki. 2). Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan Hadrah, Arabic club dan Qira’ah dapat membentuk bakat-bakat peserta didik seperti lebih bervariatif dalam menepuk rebana artinya di sini peserta didik menggabungkan rebana disertai dengan tarian, mampu menguasai mufradatnya lebih banyak sehingga nantinya dalam mempraktekkan muhadatsahnya secara lancar serta sudah mengenal mengenai macam-macam maqam dalam Qira’ah agar ketika peserta didik melantunkan ayat Al-Qur’an sudah lebih bervariasi. 3). Faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan bakat siswa MAN Wonokromo Bantul Pertama, Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan hadrah yaitu peserta didik mampu memainkan alat-alat hadrah sehingga guru pembimbing tinggal mengasah dan mengembangkan bakatnya saja serta banyak peserta didik sudah bisa memainkan alat hadrah, akan tetapi dikarenakan ketika latihan masih banyak yang kurang serius sehingga dalam memukul terbang kurang kompak atau bahkan lupa ketukan rumusnya. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Arabic Club yaitu dalam praktek berbicara bahasa Arab sudah cukup baik serta banyak peserta yang berminat mengikuti kegiatan Arabic club dan menguasai bahasa Arab tetapi karena bersamaan dengan kegiatan ekstrakurikuler lain sehingga peserta didik tidak bisa fokus dalam mengikuti kegiatan ini, Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Qira’ah kebanyakan peserta didik yang mengikuti kegiatan ini mempunyai latar belakang yang baik dalam membaca Al-Qur’an serta adanya kendala kurangnya kepercayaan diri peseta didik dalam melantunkan ayatayat suci Al-Qur’an. Kata Kunci :Ekstrakurikuler Keagamaan, Pengembangan Bakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:45
Last Modified: 01 Mar 2017 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum