EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENERAPAN METODE i PEER LESSON /i DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

SITI CHOIRIYAH - NIM. 02471191, (2008) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENERAPAN METODE i PEER LESSON /i DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS VII SEMESTER 2 MTsN SUMBERAGUNG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

DESKRIPSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pengelolaan kelas antara siswa yang mengikuti pengelolaan kelas dengan penerapan metode peer lesson dengan siswa yang mengikuti pengelolaan kelas dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 MTsN Sumberagung Bantul sebanyak 47 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan purposive cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , lembar observasi dan soal prestasi belajar Al-Qur'an Hadits. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan statistik dengan rumus persentase dan Anava A. Rumus persentase digunakan untuk menganalisa data hasil pengamatan dalam proses pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Anava A untuk menganalisa data prestasi belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis nyata efektif atau tidak pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Sebelum Anava A digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dengan rumus persentase diperoleh persentase hasil pengamatan kelas eksperimen sebesar 73,33 % maka pengelolaan siswa dengan penerapan metode peer lesson efektif dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Untuk mengetahui nyata efektif atau tidaknya pengelolaan kelas dengan penerapann metode peer lesson dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits maka dilakukan Uji Anava A. Berdasarkan hasil analisis Anava A diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar Al-Qur'an Hadits dengan nilai Fo= 12,348 ada p= 0,002. Rerata prestasi belajar Al-Qur'an Hadits siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode peer lesson adalah sebesar 26,333 dan prestasi belajar Al-Qur'an Hadits siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab adalah sebesar 21, 625. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dengan penerapan metode peer lesson (pelajaran teman sebaya) efektif dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits siswa kelas VII semester 2 MTsN Sumberagung Bantul yogyakarta tahun ajaran 2006/2007 pada materi pokok akhlak kepada ibu, bapak dan sesama manusia, qalqalah dan waqaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan kelas, Peer Lessontu
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item