IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

TRI SANTOSO, NIM. 09410038 (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan di sekolah serta bagian yang tak terpisahkan dari sekolah. Sedangkan kurikulum yang saat ini digunakan adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan dimana sekolah mendapat kesempatan yang besar untuk mengelola sekolah sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. Dalam kenyataannya karakteristik daerah ini sudah dilaksanakan dalam sekolah. Seperti halnya dengan SMA Negeri 5 Yogyakarta yang merupakan sekolah berbasis afeksi. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam mengimplementasikan KTSP pada PAI, problematika apa saja yang dihadapi guru PAI dalam mengimplementasikan KTSP pada PAI, dan solusi apa yang ditempuh guru PAI dalam menghadapi problem tersebut di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru PAI, problematika yang dihadapi, serta solusi yang ditempuh dalam mengimplementasikan KTSP pada PAI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan: ( 1) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengimplementasikan KTSP pada PAI terbagi menjadi dua, pertama pada pembelajaran PAI dengan menyusun silabus dan RPP serta pembelajaran PAI. Kedua di luar pembelajaran PAI yaitu terlibatnya guru PAI sebagai pembimbing maupun pelaksana dalam program-program sekolah yaitu pagi simpati, berdo’a di pandu dari sentral, tadarus Al Quran dipandu dari sentral, jamaah sholat dhuha, kajian Al Quran, sholat dhuhur berjamaah, penyelenggaraan sholat jumat, mentoring, mabit, pesantren kilat, buka bersama dan sholat tarawih berjamaah, membayar zakat dan baksos, kunjungan panti asuhan dan atau menyantuni fakir miskin dan anak yatim, FASCO ( Festival Anak Sholeh Competisi ) , lomba MTQ, PHBI ( Peringatan Hari Besar Islam ) , pengajian kelas, pengajian keluarga besar, infak masjid, takziah keluarga siswa, takziah keluarga guru dan karyawan, dan sholat ghaib. ( 2 ) Problematika yang dihadapi guru PAI terkait implementasi KTSP ini adalah sikap orang tua yang kurang mendukung program-program sekolah, heterogenitas siswa, dan kegiatan fisik sebelum pelajaran PAI. Solusi yang dilakukan oleh guru PAI adalah melakukan sosialisasi program sekolah pada orang tua siswa, melakukan tutorial sebaya dan penambahan tugas tambahan dan penjelasan, serta menggunakan taktik tertentu yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 15:58
Last Modified: 24 Aug 2018 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum