PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI Ya BAKII 1 KESUGIHAN-CILACAP

INAROTUL IZZATI, NIM. 09480083 (2013) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI Ya BAKII 1 KESUGIHAN-CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI Ya BAKII 1 KESUGIHAN-CILACAP )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI Ya BAKII 1 KESUGIHAN-CILACAP )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, 2) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen desain adalah suatu penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester 1 MI Ya BAKII I Kesugihan Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan disain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA, sedangkan dua sampel adalah kelas IV A (kelas eksperimen) dan kelas IV C (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan soal prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Angket motivasi belajar, dengan nilai sig. 2 (tailed) kelas IV A sebesar 0,021 dan kelas IV C sebesar 0,022 yang artinya lebih kecil dari batas yang digunakan yaitu 5% (signifikansinya 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa. 2) Prestasi belajar, dengan nilai sig.(2-tailed) untuk kelas eksperimen sebesar 0,000 dan kelas kontrol sebesar 0,000, yang artinya lebih kecil dari batas yang digunakan yaitu 5% (signifikansinya < 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 88,75 dan kelas kontrol 73,26. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:08
Last Modified: 27 Jan 2017 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum